Senin, 05 Maret 2018

KD 4.6 Melakukan presentasi yang efektif

Sebelum bahkan membuka PowerPoint, mulailah dengan mengenali hal - hal berikut. Tips ini akan memastikan bahwa kamu telah mempersiapkan diri dengan utuh untuk presentasimu.
Presentasimu bukan hanya tentang slide itu sendiri. Itu tentang pesan yang ingin kamu sampaikan. Sebelum mengisi dengan statistik, fakta dan gambar, pikirkan tentang narasi yang akan didiskusikan, mengapa dan dalam urutan apa.
Mulailah pada Word atau Google doc, dan "storyboard" atau naskah seluruh presentasi untuk memberikanmu sebuah ide bagaimana informasi yang disampaikan akan "mengalir", dan bagaimana hadirin akan melihat itu dalam urutan.
Sebuah presentasi mengcover hanya bagian paling krusial. Apapun yang sedang kamu kerjakan yang mengarah kepada hal-hal ini—sebuah paper, proyek kerja, sebuah desain produk baru—tidak perlu dibagikan dalam wujud utuhnya. Ambil poin-poin kunci, dan letakkan sisanya dalam sebuah "Lampiran" sebagai acuan saat sesi tanya jawab di bagian akhir.
Bagaimana kamu berbicara dalam sebuah ruangan penuh profesional medis harusnya berbeda dengan cara kamu menghadapi sebuah ruangan yang penuh dengan entrepreneur muda. Faktanya, semuanya berbeda. Pemilihan topik, bahasa yang kamu gunakan, contoh yang kamu berikan untuk mengilustrasikan poin-poin, dan sedikit humor yang dibawa haruslah benar-benar disesuaikan dengan audiens tujuan.
Tidak pernah terlalu awal untuk terbiasa dengan ritme presentasimu, dan catatlah poin-poin yang ingin kamu tekankan. Sambil mengatakannya dengan nyaring, kamu akan mulai mengembangkan sebuah "perasaan" untuk materi dan menyadari beberapa hal yang berkerja dengan baik, sementara yang lainnya tidak dan mungkin perlu diperbaiki.
Kedua hanya untuk kamu (informasi yang kamu bawa dan bagaimana kamu mempresentasikannya) adalah slide PowerPointmu. Jika tidak didesain dengan baik, sebuah PowerPoint dapat membuat orang tidak tertarik atau mengganggu (terlepas dari mutu isinya). Berikut beberapa tips mendesain presentasi untuk memastikan ini tidak tjg kepadamu.
Ingatlah bahwa sedikit itu lebih (efektif). Sebuah slide yang ramai sangat mengganggu. Itu menyebabkan kebingungan bagi audiens: Bagian mana dari slide yang harus saya fokuskan? Haruskah saya membaca slide atau memperhatikan presenter? Dengan kata lain, sebuah slide yang sederhana namun menarik untuk dipandang akan menarik audiens, membuat mereka tetap pada poin-poin utamamu. Berikut adalah contoh sebuah slide yang ramai vs slide yang singkat:
Cluttered Versus Effective Slide
Slide PPT yang ramai (di bagian kiri) versus slide yang singkat (di bagian kanan).
Kembali lagi pada poin terakhir—sedikit itu lebih efektif. Jika memungkinkan, hindari penggunaan bullet. Jika tidak kecilkan menjadi hanya beberapa kata saja. Audiens seharusnya mendengarkan, bukan membaca.
Orang akan cenderung menganggapmu dengan serius jika presentasimu tampak menarik tampilannya. Pengguna melihat desain yang atraktif sebagai lebih bermanfaat. Dengan pemikiran yang sama, mereka akan mehttps://www.blogger.com
Chart dan grafik juga dapat mengganggu jika tidak digunakan dengan benar. Pastikan desain informasimu sederhana dan bersih sehingga audiens tidak menghabiskan sepanjang waktu mencoba untuk mengartikan apa yang dimaksud dalam sumbu X.
Pernahkah kamu melihat template PowerPoint tua yang tampak seperti kertas bekas dan menggunakan percikan tinta? Yeah, begitu juga audiensmu. Templates dapat sangat mengganggu jika tampilannya terlalu basic atau jika desainnya sudah kuno. Kamu membutuhkan slide dengan pilihan desain yang bagus.
Font merupakan bagian penting dalam menarik audiens. Pemilihan font dan typography memiliki efek bawah sadar pada audiens, membuat mereka memiliki gambaran atas presentasi dan brand perusahaan kamu entah secara positif atau secara negatif. Pastikan kamu memilih font yang profesional dan modern! Sama halnya dengan pemilihan font, warna menyebabkan reaksi bawah sadar audiens. Pemilihan kombinasi warna yang sudah ketinggalan zaman untuk presentasimu akan memberikan kesan tidak efektif. Berikut adalah contoh pemilihan warna modern untuk presentasi PowerPoint:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar