Selasa, 06 Maret 2018

KD 4.14 Membuat laporan hasil pasca produksi

LAPORAN TAHAP PRA-PRODUKSI, PRODUKSI DAN PASCA-PRODUKSI

  TAHAP PRA-PRODUKSI 
Adalah salah satu tahap dalam proses pembuatan film/dokumenter. Pada tahap ini dilakukan sejumlah persiapan pembuatan film, diantaranya meliputi penulisan naskah skenario, menentukan jadwal pengambilan gambar, mencari lokasi, menyusun anggaran biaya, mencari/mengaudisi calon pemeran, mengurus perizinan, menentukan staf dan kru produksi, mengurus penyewaan peralatan produksi film, dan juga persiapan produksi, pasca-produksi serta persiapan-persiapan lainnya. Namun dari tahap pra-produksi yang saya ambil yaitu survey tempat dan langsung meminta perizinan untuk men-shoot dan mewawancarai kepala suku adat ataupun beberapa masyarakat di daerah Dayak Losarang tersebut. Dan juga tidak lupa untuk mempersiapkan alat apa saja yang harus dibawa seperti : Kamera, Lighting, Battery Charger, Lensa (Fix, Standar, Telle), Tripod, MemoryCard (beserta cadangannya) dan Flash.
Kita harus tau medan lapangan seperti apa yang akan kita shoot dan alat apa saja yang sekiranya akan dibutuhkan untuk membuat laporan liputan atau teknik reportase berbentuk dokumenter seperti liputan yang saya buat ini.
Sebelumnya saya mengetahui perizinan disana mudah itu karena ada teman saya dan kebetulan sering ada media televisi juga yang menshoot kehidupan sehari-hari tentang adat budaya dayak losarang ini.
TAHAP PRODUKSI
Produksi merupakan hasil kombinasi dari faktor – faktor produksi. Pengambilan gambar (shooting video) dilakukan, idealnya hingga tuntas. Kebutuhan shooting video sebelumnya telah dirumuskan pada Tahap Pra Produksi, idealnya dalam bentuk storyboard yang mencakup banyak informasi termasuk sudut pengambilan gambar (angle). 
Pada kebanyakan film komersial, kegiatan shooting merupakan tahapan kegiatan yang berbiaya produksi paling tinggi disebabkan keterlibatan banyak kru, pemain (aktor/aktris) itu sendiri, serta pemakaian alat – alat canggih yang dibayar sebagai sewa harian. Karena itu dapat dengan mudah dipahami bahwa kegiatan Pra Produksi yang baik dapat menuntun jalannya kegiatan produksi agar berjalan dengan efektif dan efisien. Namun karena tugas ini individual untuk menyelesaikan tugas ujian akhir semester jadi saya memutuskan hanya mengandalkan dengan bantuan teman saya yang memiliki perizinan tersebut untuk mempermudah tahap produksi ini jadi saya hanya memiliki 1 Kru yaitu teman saya yang membantu membawakan seluruh alat yang sawa bawa pada hari H.
TAHAP PASCA-PRODUKSI
Pada tahap pasca produksi semua bahan mentah produksi dikumpulkan untuk diolah. Analoginya, ialah seorang koki yang membawa semua bahan masakan dan bumbu ke dapur, untuk diolah sesuai resep yang telah ada. Berikut ini merupakan beberapa fungsi dalam tahapan editing video.
Fungi Editing Video
merupakan proses menggerakan dan menata video shoot atau hasil rekaman gambar menjadi suatu rekaman gambar yang baru dan enak untuk dilihat. secara umum pekerjaan editing adalah berkaitan dengan proses pasca produksi, seperti, colour correction, sound mixing, dan capture video.

Fungsi Sound 
Fungsi sound meliputi sejumlah keperluan seperti, pembuatan musik ilustrasi, pembuatan sound efek, dan sound recording (untuk keperluan dubbing narasi). 

 
 
Fungsi Image Editing
Merupakan penunjang elemen grafis untuk keperluan editing video yang dipergunakan dalam pembuatan judul dan ilustrasi.
 


Fungsi Animasi dan Visual Efek
Merupakan bagian video yang berupa animasi atau visual efek merupakan klip video berdurasi tertentu yang ditambahkan pada proyek video editing.
Fungsi Distribusi
Produk video yang telah dibuat selanjutnya akan didistribusikan kepada pemirsa yang merupakan target komunikasi dari produk video tersebut. Setelah proses editing videomenghasilkan format file tertentu, file ini kemudian dapat diproses lanjut dalam usaha pembuatan vcd/dvd agar kelak dapat digandakan atau didistribusikan secara massal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar