Senin, 05 Maret 2018

KD 4.10 Melakukan komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan



Komunikasi langsung, serempak, atau sinkron 

Contoh:Google  Hangout

Pembuatan Halaman Google+ Baru

1. Silakan mengunjungi halaman: http://plus.google.com kemudian pilih “Masuk”. Atau langsung saja Sign In lewat Gmail Anda dan pilih tab “+Anda” pada pojok kiri atas webmail. 
2. Berikutnya, Anda akan diarahkan ke suatu halaman untuk mengisi form mengenai identitas Anda. Setelah selesai mengisi form yang disediakan, silakan klik “Tingkatkan”.
3. Kemudian Anda akan diarahkan ke halaman “Tambahkan Orang Yang Anda Kenal di Google Plus”. Dari sini Anda bisa langsung menambahkan kontak yang sudah Anda kenal ke lingkaran anda. Namun Anda bisa klik “Lanjutkan” saja untuk melakukannya nanti.
4. Berikutnya anda akan diarahkan ke halaman “Ikuti Orang-Orang Dan Laman Yang Menarik”. Anda bisa pilih orang yang ingin Anda tambahkan di lingkaran anda dengan klik tombol “Ikuti”. Apabila anda menambahkannya ke lingkaran anda, halaman Google+ anda secara otomatis akan mendapat update dari Orang / Laman tersebut. Klik “Lanjutkan” untuk melewati proses ini.
5. Pada halaman terakhir, Anda akan diminta untuk menambahkan informasi pada profil Anda. Silakan lengkapi kolom isian yang telah ada. Jika sudah selesai, langsung saja klik “Selesai”. Dan halaman Google+ Anda kini sudah siap beroperasi.

Tambahkan Kenalan Anda ke Lingkaran

Setelah akun Google+ Anda jadi, anda bisa melanjutkan dengan membuat circle / lingkaran dan tambahkan teman Anda pada circle yang sudah Anda buat. Tujuan pembuatan circle ini adalah pengelompokan orang-orang pada kategori tertentu, sehingga Anda dapat mengatur privacy untuk berkomunikasi pada orang tertentu dan hanya bisa diketahui oleh orang pada circle tersebut saja. Untuk membuat circle, berikut langkah-langkahnya:
1. Klik menu “Lingkaran” atau “Circle” pada sidebar sebelah kiri layar Anda. Anda akan langsung masuk pada halaman circle.
2.  Untuk menambah circle baru, silahkan klik “lepas untuk membuat lingkaran” dan akan muncul pop up untuk pemberian nama circle serta menambahkan orang yang ingin Anda masukkan pada circle tersebut. Setelah selesai, langsung saja klik “Buat Lingkaran” atau klik “Buat Lingkaran Kosong” jika Anda masih belum menambahkan siapapun pada circle tersebut.
3. Apabila Anda ingin menambahkan orang pada circle yang sudah ada, langsung saja search akun orang tersebut, drag akun yang tampil dari hasil pencarian, dan lepaskan pada circle tertentu. Saat ini Anda telah menambahkan orang dan membuat lingkaran pada Google Plus.
4. Atau anda bisa juga menambahkan circle melalui halaman tertentu. Misalnya halaman Google+ Jagoan Hosting Indonesia. Anda cukup klik saja Follow dan taruh kontak Jagoan Hosting pada circle tertentu.

Hangout: Video Conference ala Google+

Google+ juga sudah dilengkapi dengan fasilitas video  conference yang bisa menampung 9 orang. Fitur ini diberi nama Google+ Hangout. Berikut langkah-langkah memulai Hangout ala Google+:
1. Silakan klik “Hangouts” pada sidebar sebelah kiri layar Anda untuk masuk ke halaman Hangout, kemudian pilih “MULAI HANGOUT”.
2. Setelah itu, akan muncul suatu halaman dan mohon tunggu beberapa saat hingga proses instalasi Hangout selesai.
3. Setelah proses instalasi selesai, Anda bisa mulai mengundang teman Anda untuk bergabung, langsung saja klik account Google+ teman Anda yang tampil di sebelah kiri halaman, kemudian klik “Hangout”.

Cara Membuat Hangouts Group Bersama di Google Plus

  • Langkah pertama yang harus anda kerjakan dan wajib anda lakukan adalah buka web browser anda. Setalah itu masuk akun google plus anda.
  • Langkah selanjutnya lakukan chat teman seperti biasa.
  • Pada kotak chat klik icon gambar orang
    Cara Membuat Hangouts Group Bersama di Google Plus
  • Maka akan tampil nama-nama teman dan kotak pencarian teman yang ingin anda tambahkan.
    Cara Membuat Hangouts Group Bersama di Google Plus
  • Cari teman yang ingin anda masukkan ke dalam hangouts group bersama.
  • Klik Tambahkan orang
     
     
     
     
    KOMUNIKASI DARING ASINKRON
     

    Cara buat akun baru Gmail di komputer

    1. Masukkan alamat www.gmail.com pada web browser Anda.
    2. Klik create an account, sebuah kotak akan terbuka.
    3. Isi data diri Anda dengan lengkap.
    4. Pada isian setelah nama, Anda bisa memilih nama untuk username.
    5. Jika ternyata terdapat tulisan That username is taken. Try another. Itu tandanya orang lain telah memakai username yang Anda pilih. Anda bisa mengakalinya dengan menambah angka.
    6. Isi semua kolom yang belum terisi dengan data yang benar.
    7. Klik Next Step, akan muncul agreement, atau kotak persyaratan, klik pada I Agree
    8. Anda telah memiliki akun Gmail sekarang.
    gmail gmail.com

    2. Cara membuat akun Gmail baru Android atau HP dengan OS lainnya

    1. Cari menu setting atau pengaturan di HP
    2. Cari menu acoount atau akun
    3. Pilih add acoount atau tambah akun
    4. Cari ikon google
    5. Akan muncul pilihan sign in dan create a new account
    6. Pilih create a new account
    7. Isi nama depan dan nama belakang
    8. Klik next
    9. Lalu isi tanggal lahir dan jenis kelamin
    10. Klik next
    11. Pilih nama sebagai username Anda
    12. Klik next
    13. Jika ternyata terdapat tulisan That username is taken. Try another. Itu tandanya orang lain telah memakai username yang Anda pilih. Anda bisa mengakalinya dengan menambah angka.
    14. Klik next
    15. Selanjutnya adalah memilih password Anda. Minimal 8 karakter, bisa menggunakan huruf kecil, besar, angka, dan karakter unik. Jangan sampai lupa! Samakan isian kolom atas dengan bawah.
    16. Klik next
    17. Langkah selanjutnya adalah tidak wajib diisi, jika Anda ingin mengisinya kemudian klik next jika tidak Anda klik skip
    18. Akan muncul kotak Privacy and Terms
    19. Klik I Agree
    20. Setelahnya akan ada konfirmasi username dan password. Klik Next
    21. Kemudian muncul pilihan pembayaran. Anda bisa melewatinya dengan pilih No Thanks, lalu klik Next
    22. Aplikasi akan memproses. Setelah itu And akan mendapat pemberitahuan yang mengatakan bahwa Anda telah memiliki akun Gmail baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar